pengereman sepeda motor yang benar



Teknik Trail Braking
                                               

porsi pengereman trail braking 



Trail braking adalah sebuah teknik pengereman yang digunakan oleh pembalap motoGP. Teknik Trail Braking mengaharuskan pembalap mengerem hingga puncak apex tikungan atau istilahnya no free wheeling yang membuang waktu. dalam penggunaa teknik ini, seorang pembalap akan mendekati tikungan dan di braking marker, pembalap akan melakukan pengereman penuh sekitar 80 persen untuk ban depan dan gunakan sedikit rem belakang untuk kestabilan. satu hal yang perlu tekankan disini adalah melakukan pengereman ini adalah  ketika posisi motor dalam keadaan upright atau tegak. lalu,  ketika akan memasuki tikungan pembalap akan mengurangi tekanan sedikit secara gradual pada tuas rem hingga apex hingga lean angle atau kemiringan motor bertambah dan kemudian melepas tuas rem secara penuh dan mulai berakselerasi memutar grip gas. teorinya cukup mudah bukan? tapi pada praktek ini kadang agak sedikit kompleks  karena ini menuntut feeling tangan dan pembalap melakukannya terlihat mudah di tiap lap dan hingga limit kemampuan motor dan pembalap di serie-serie motoGP. sebagaimana tips dari freddie spencer yang pernah mengatakan, ''fast riders have slow hand" maka teknik ini harus dilakukan secara halus, progressive, dan powerfully.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review oli federal ultratec 20w-50

REVIEW PAKAI KAMPAS GANDA KAWAHARA

review ban zeneos zn 88 ukuran 100/80 di mio j