Teknik Pengereman Sepeda motor



Teknik Trail Braking
                                               

porsi pengereman trail braking 



    Trail braking adalah sebuah teknik pengereman yang digunakan oleh pembalap motoGP. 
     Mekanisme Teknik Trail Braking adalah mengharuskan pembalap mengerem hingga puncak / apex tikungan lalu melakukan akselerasi setelah melalui apex tikungan.
     Selanjutnya dalam penggunaan teknik ini, seorang pembalap akan mendekati tikungan dan di braking marker/ titik pengereman, pembalap melakukan pengereman penuh yaitu dengan meremas tuas rem depan dengan porsi sekitar 80 persen agar ban depan mendapat traksi ban yang cukup dan gunakan sedikit rem belakang untuk kestabilan. satu hal yang perlu tekankan disini adalah ketika melakukan pengereman ini posisi motor harus dalam keadaan tegak. lalu,  ketika pembalap akan memasuki tikungan, pembalap mengurangi tekanan sedikit secara gradual / bertahap pada tuas rem hingga apex tikungan hingga motorlean angle atau kemiringan motor bertambah dan kemudian melepas tuas rem secara penuh di apex tikungan dan mulai berakselerasi memutar grip gas. Teorinya cukup mudah bukan? tapi pada praktek, ini kadang agak sedikit kompleks karena teknik trail braking menuntut feeling tangan dan pembalap melakukannya terlihat mudah di tiap lap hingga limit kemampuan motor di serie balap motogp selama setahun penuh.        
    sebagaimana tips dari freddie spencer yang pernah mengatakan, ''fast riders have slow hand" maka teknik ini harus dilakukan secara halus, progressive, dan powerfully.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review oli federal ultratec 20w-50

REVIEW PAKAI KAMPAS GANDA KAWAHARA

review ban zeneos zn 88 ukuran 100/80 di mio j